20+ Jenis Ikan Arwana Yang Sangat Populer dan Banyak Di Buru Kolektor

Ikan Arwana (Scleropages formosus) adalah salah satu jenis ikan air tawar di wilayah Asia Tenggara yang sangat di kagumi yang banyak orang. Bisa juga dipanggil sebagai Siluk Merah Atau “Ikan Naga”.

Disebut demikian sebab Ikan Arwarna ini selalu dikaitkan dengan Naga dari Mitologi Tionghoa. Arwarna masuk kedalam ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae dan kategori hewan purba.

Bermacam – macam mitos berdatangan ikan ini bisa membawa hoki atau keberuntungan dan bisa menjaga rumah dari gangguan roh jahat.

Kecuali mitos tersebut, para pembeli biasanya menjadikan ikan Arwana sebagai ikan hias sebab mempunyai daya tarik berupa motifnya yang unik dan indah dan warnanya yang sangat cantik. Maka tidak heran banyak orang yang berusaha mencarinya.

Di Indonesia sendiri ikan ini banyak dijumpai di sungai-sungai di pulau Kalimantan dan Irian. Meskipun beberapa jenis yang menyebar di berbagai wilayah Asia Tenggara.

  • Jenis  berwarna merah banyak dijumpai di Indonesia.
  • Jenis berwarna emas banyak dijumpai di Malaysia.
  • Jenis berwarna emas dengan ekor merah banyak dijumpai di Indonesia.
  • Jenis berwarna hijau dengan ekor merah banyak dijumpai di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand dan Malaysia.

Tapi sayang, pada tahun 2004 silam dragon fish ini masuk ke dalam jenis yang akan punah, dijelaskan oleh IUCN. Hal ini terjadi sebab ikan ini sangat sering di perjualkan dan harganya sangat mahal.

Apalagi bagi orang-orang yang  percaya feng shui, mereka tidak akan ragu mengambil uang yang banyak buat membeli ikan ini.

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

https://www.youtube.com

Ikan ini asalnya dari berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Barat, contohnya dari sungai Kapuas dan danau Sentarum yang dikenal sebagai dari Super Red (Chili dan Blood Red)

Dengan warna yang merah penuh tampak dapat sirip ikan muda, pada bagian bibir dan juga sungut. Saat mau dewasa, warna merah akan muncul di berbagai sisik, sampai tubuh ikan terlihat berwarna merah.

Ikan Arwana merah di kategorikan menjadi 4 jenis, yakni merah darah (Blood Red), merah cabe (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).

Keempat jenis ini pada umumnya diberi sebutan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), Walaupun dalam pertumbuhan super red lebih mirip pada Merah Cabai dan Merah Darah. Meskipun dua jenis terakhir lebih terkadang di anggap sebagai super red dan grade lebih rendah.

Arwana Golden Red

Arwana Golden Red

https://www.hewan.id

Ikan Arwana ini adalah jenis dari arwana Golden dan jarang di panggil Arwana Golden  Indonesia (Indonesian Golden Arwana). Jenis ini sering ditemukan di wilayah Mahato Riau.

Lain dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada jenis ini tidak akan betumbuh sampai melewati punggung tapi hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima.

Sebagai halnya jenis crossback, warna dasar sisik RTG bisa biru hjaiu, atau emas. Begitu pula pada warna bibir, ekor, dan sirip, kedua jenis ini mempunyai keragaman yang mirip.

RTG muda mempunyai warna lebih kusam disamakan dengan jenis cross back muda. RTG boleh di katakan lebih tahan kuat disamakan dengan CBG dapat berkembang lebih besar, dan juga lebih agresif.

Banyaknya di alam lebih banyaknya di samakan dengan CBG, sedangkan demikan tetap adalah jenis yang di lindungi CITES. CBG sepintas sama dengan ikan arwarna Golden Red yang asalnya dari negara kita.

Perbandingan yang sangat menonjol dapat dipandang jika ukuran ikan sudah mulai besar dengan ukuran 20 cm lebih. Pada CBG warna emas menutupi kesemua tubuhnya sampai pada bagian punggung ikan ditutupi oleh ring yang berwarna keemasan.

Kecuali pada Golden Red (RTG) punggungnya tidak. berwarna keemasan tapi hitam (kelbu). Membandingkan CBG dan RTg pada ukuran kecil (10-12 cm) sulit dibuat dan perlu kehati-hatian. Perbandingan harga juga sangat menonjol.

Harga CGB ukuran ukuran 12 cm dihargai lebih dari 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar 15-25 juta. Golden Red berukuran 12 cm dihargai 2 juta, kecuali ukuran 20-25 cm dihargai 2.5 – 3.5 juta.

Arwana Irian

Arwana Irian

https://pastiguna.com

Arwana Irian ini memilik warna dasarnya hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, sampai dibagian kepala (pipi) sampai pada sirip dan ekornya pun dijumpai bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari Australia, meski sering dijumpai di pulau Irian.

Kemudian dari spesies ini juga terkadang disebut arwana Irian oleh para pecintanya. Jardini arwana sebetulnya ada dua motif warna, yakni warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang mempunyai warna dasar lebih gelap ialah Scleropages Jardini dan yang mempunyai warna lebih terang ialah Scleropqges leichharti.

Ikan Arwana Silver

Ikan Arwana Silver

https://1.bp.blogspot.com

Spesies ikan arwana silver ini asalnya dari Brazil, tapi sekarang sudah dapat di ternak atau di kembangbiakkan di Indonesia ikan arwana ini adalah ikan yang paling sering kita jumpai.

Sebab spesies ikan arwana ini pada umumnya dijual dengan harga yang cukup murah meski begitu ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang berbeda dengan spesies ikan yang lainnya dan ikan arwana ini pun akan tampak sangat cantik dilihat apabila jika telah berukuran dewasa atau besar.

Ikan ini mempunyai bentuk tubuh dan sirip yang panjang, pada bagian tengah badan sampai ujung ekor membuat ini terkesan sangat indah ketika berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50-60 cm.

Akhirnya sekarang sudah tersebar bahwa spesies ikan arwana ini sudah ada yang warnanya Platinum silver (warna silver nya mirip platinum dan meluas di semua tubuhnya ).

Maka hal yang harus kita ketahui dari spesies ikan arwana silver ini ialah karakter ikan ini cukup menarik, ikan ini memiliki karakter yang sangat agresif dan memiliki kemampuan loncat yang indah.

Kemudian ikan ini jadi disebut ikan monyet sebab sifatnya, seperti pemula buat memelihara ikan ini mungkin cukup susah dengan sifatnya dari dalam akuarium karena ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para yang punya buat melatih ikan ini.

Ikan arwana silver ini ukurannya kira-kira 90 cm jadi jika ingin mempunyai ikan ini maka kita perlu sediakan akuarium yang lumayan besar agar bisa bebas ikan ini berenang.

Ikan Arwana Golden Pino

Ikan Arwana Golden Pino

https://seputarperikanan.wordpress.com

Ikan Arwana spesies ini banyak dijumpai di negara Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia. Di Indonesia  sendiri ikan ini sering ditemukan di Kalimantan.

Pada umumnya, ikan Arwana ini mempunyai ciri warna kelabu ke hijau-hijauan dengan motif garis yang berwarna gelap pada bagian ekornya. motif mulutnya pun lebih besar dan bulat jika disamakan dengan spesies arwana lainnya.

Namun spesies ikan ini tidak mempunyai ring, tapi mempunyai yang cantik dengan warna hijaunya yang cerah. Sirip ekornya adalah campuran warna antara abu kehijau-hijauan. Sedang warna pada bagian badan lebih cenderung warna hijau semi silver.

Ikan Arwana Terbesar Di Dunia

Ikan Arwana Terbesar Di Dunia

http://www.tnaqua.org

Sepertinya anda bertanya-tanya, di bagian sub judul kan terdata ikan arwana terbesar di dunia, tetapi kok ada ikan Arapaima ? Nah, buat menambah pengetahuan anda tentang macam – macam spesies ikan arwana, ikan Arapaima itu sebetulnya masih satu rumpun dan kelas dengan ikan arwana.

Ikan Arwana dan ikan arapaima masuk dalam kategori Actinopterygii dan rumpun Osteoglossiformes.

Hal ini dibuktikan dengan bentuk tubuh ikan arapaima dan ikan arwana yang tidak jauh beda. Spesies ikan arwana terbesar di dunia salah satu ini sangat berbeda ukurannya dengan ikan arwana pada umumnya.

Ini dibuktikan dengan ukuran ikan arapaima anakan saja 1 meter dalam waktu 1-2 tahun. kecuali ukuran dewasa, ikan arapaima bisa mencapai ukuran 2-3 meter dengan berat lebih 100 kg.

Inilah beberapa spesies ikan arwana terbesar di dunia. Bagaimana, sudah tidak membingungkan lagi bukan buat mencari informasi pada ikan arwana terbesar di dunia ?. Apabila mau ikan arwana anda bisa menjadi salah satu ikan arwana terbesar di dunia, maka kasihlah makanan ikan arwana yang bagus supaya bisa cepat besar.

Makanan Ikan Arwana

Makanan Ikan Arwana

http://kabarcepot.blogspot.co.id

Jangkrik

Jangkrik

https://binatang.web.id

Jangkrik ialah makanan favorit ikan arwana. Jangkrik kaya akan sumber protein, vitamin dan mineral yang bagus buat per kembang biak kan ikan arwana. Buat makanan ikan arwana, pastikan anda membeli jangkrik peternak saja dan usahakan jangan mencari sendiri jangkrik tersebut.

Hal ini buat menjaga adanya jangkrik liar yang ter kontaminasi dengan pestisida sebab kehidupan liar nya. Kalian harus tidak perlu menyimpan terlalu banyak jangkrik di rumah kalian, sebab hidup jangkrik sangat tidak panjang (biasanya cuma 40 sampai 49 hari).

Trik berikutnya kalian bisa memberi makan wortel pada jangkrik sebelum jangkrik tersebut menjadi makanan ikan arwana . Wortel memiliki karoten yang bertindak sebagai vitamin A dan nantinya akan memberikan warna oranye atau merah pada arwana jika jangkrik sudah dimakannya.

Kalian juga tidak perlu juga memotong kaki jangkrik, biarkan utuh sebab arwana sangat menyukai seluruh bagian jangkrik.

Udang

Udang

https://www.agrotani.com

Sama halnya dengan jangkrik, udang adalah makanan ikan arwana yang mempunyai banyak manfaat. Udang juga sangat dianjurkan sebagai makanan utama arwana yang masih kecil.

Supaya akuarium tidak mudah kotor dengan sisa udang, baiknya kalian memberikan udang ke arwana sedikit demi sedikit saja tapi rutin.

Hal ini agar arwana tidak gagal fokus pada satu udang melainkan banyak udang yang pada akhirnya udang tidak menghabiskan dengan membuat akuarium sedikit kotor. udang yang segar lebih bagus, tetapi udang beku juga dipakai sebagai makanan arwana.

Belatung

Belatung

https://www.cnnindonesia.com

Sepertinya kalian agak jijik dengan belatung, tapi arwana sangat menyukai. Kalian sangat di anjurkan buat memberi makan arwana berupa belatung yang sudah kering disamakan belatung yang basah.

Perkara ini sebab belatung kering sangat lebih aktif dan mempunyai kandungan protein yang tinggi, kecuali belatung basah biasanya sudah mati dan kandungan proteinnya.

Kalian juga bisa menjadi satukan belatung dengan pelet, sayuran, wortel dan beberapa vitamin yang di cetak pada cetakan sebelum dikasih kan kepada arwana. Campuran bahan ini adalah makanan ikan arwana yang kaya akan protein dan membantu pertumbuhan arwana.

Katak

Katak

https://pixabay.com

Dalam kehidupan aslinya, arwana membuat katak kecil sebagai makanan yang mudah di santapnya saat sedang lapar. Keahlian meloncat memudahkan arwana buat menyerang katak – katak kecil yang suka berenang.

Yang perlu kalian pahami saat menggunakan katak sebagai makanan ikan arwana, anda perlu mengurung katak tersebut selama 1 minggu supaya tidak ada parasit yang masih menempel pada tubuh katak. Parasit tersebut bila dibiarkan bisa membuat arwana kita ter deteksi penyakit.

Kecoa

Kecoa

http://makassar.tribunnews.com

Salah satu spesies hewan yang paling dibenci pokoknya pada perempuan. Rupanya ikan arwana sangat suka sehingga kalau anda ingin memiliki ikan arwana yang cepat besar, gunakan lah kecoa.

Kecoa yang dipakai sebaiknya kecoa yang dari peternak bukan kecoa liar. Perihal ini buat menghindari kontaminasi insektisida yang membahayakan arwana.

Ikan Kecil

Ikan Kecil

http://aquascapejuara.blogspot.co.id

Ikan kecil atau yang biasa dipanggil dengan ikan umpan juga sesuai buat makanan ikan arwana. Ikan ini memiliki banyak kandungan protein yang bagus buat per kembangan ikan kita. Ikan-ikan kecil ini juga tergolong bahan makanan yang gampang buat didapatkan, baik cari sendiri atau peternak ikan kecil.

Leave a Reply