20+ Contoh Cover Makalah Mahasiswa Dan Cara Membuatnya yang Mudah

Tentunya kalian sudah mengetahui apa itu cover makalah. Karena sudah tidak asing lagi dengan nama seperti cover makalah, kata pengantar dan semua yang berhubungan makalah tentunya sudah sering dan pernah ana lakukan sebagai kegiatan sekolah.

Seringkali guru memberikan tugas kepada siswanya dengan memberi contoh dan cara membuat makalah yang baik dan benar. Namun sebagian siswa masih belum bisa memahami apa itu contoh cover makalah dan cara pembuatannya.

Tugas seperti ini biasanya diberikan oleh guru untuk dikerjakan dirumah secara individu ataupun kelompok, karena tidak bisa diselesaikan dalam sehari apalagi hanya daengan waktu beberapa jam saat waktu pelajaran berlangsung.

Dalam waktu yang lamapun terkadang siswa masih belum bisa membuatnya dengan baik, entah itu cover makalah ataupun makalah. Apalagi harus diselesaikan dalam waktu cepat, sekalioun dikerjakan secara berkelompok.

Biasanya semua siswa membuatnya masih berantakan dan sekalipun benar dalam mengerjakannya, akan tetapi masih jarang yang bisa membuatnya bagus dari segi struktur dan tepat dengan isi dari makalah tersebut.

Biasanya guru atau dosen akan memberi nilai dari hasil cover makalah yang telah dikerjakan tersebut. Dan jika kita menyusunnya dengan baik dan benar, maka akan diberi penilaian khusus yaitu nilai plus, karena telah membuatnya dengan sempurna.

Namun jika cover makalah maupun makalah yang dibuat tidak memiliki struktur yang bagus mulai dari cover makalahnya, kata pengantar, isi makalah, dan bagian penutupnya. Maka akan diberikan nilai kurang atau bahkan plus dikasih teguran dan ceramah (Mampus..Haha..).

Dengan artikel ini akan sengaja memberi informasi terkait tentang pembuatan cover makalah ataupun makalah. Yang baik dan benar. Dan ada juga cara membuat cover proposal yang akan dibahas secara detil.

Nah, bagi kalian yang sedang bingung dan belum memahami cara pembuatan cover makalah yang benar, maka perlu  kalian ikuti langkah-langkah ini agar mengetahui letak posisi kata-katanya yang tepat serta baik menurut ejaannya.

Dalam membuat makalah jangan mengandalkan covernya saja. Karena dalam hal ini banyak fakator-faktor yang berpengaruh dan sangat penting, seperti isi dari makalah itu sendiri. Memperhatikan samul juga memang sangat penting, seperti dibuatnya menarik dan terlihat indah. Maka dari itu keduanya memiliki perananan yang sangat penting.

Format Cover Makalah yang Benar

Format Cover Makalah yang Benar

http://diamondtaxi.blogspot.com

Agar bisa menentukan format makalah yang baik, bisa kamu pilih kerangka makalah tersebut sebelum membuatnya. Supaya tidak bingung saat membentuk urutan format makalahnya.  Cara ini menghindari dari kemungkinan sulitnya dalam pengerjaan, karena biasanya menjadi sebuah kendala bagi semua orang yang sedang diberikan tugas tersebut.

Dalam menyusun format makalah, masih sama dengan makalah penelitian, skripsi dan proposal. Karena pada dasarnya semua itu sama-sama memperhatikan urutan format yang baik dan benar dalam penyusunannya.

1. Judul Makalah / Proposal

1. Judul Makalah Proposal

http://belajarpsikologi.com

Dalam menentukan  susunan dalam pembuatan cover makalah, harus memperhatikan judul dari malah tersebut. Karena dengan adanya judul, menjadi sebuah penjelasan secara singkat mengenai isi dari tujuan dibuatnya makalah tersebut.

Maka dari itu, sangatlah penting menentukan judul yang sesuai dengan pembahasan yang menarik serta mudah dipahami oleh semua orang. Karena jika menarik dan mudah dipahami oleh semua orang, tentunya akan memiliki nilai tersendiri bagi penulisnya.

Selanjutnya perlu anda perhatikan huruf pada bagian judul, yang masing-masing memiliki keterkaitan, namun ada sedikit perbedaan dari cara penulisannya. Jika dalam penulisan kata penghubung, maka gunakanlah huruf kecil dan selain itu menggunakan huruf kapital.

Dari huruf kapital tersebut, menggunakan font standar yang sering digunakan suntuk menulis makalah yaitu seperti Calibri, Times New Romance, dan Arial dengan meletakan kalimat tepat pada bagian tengah dengan rata kanan kiri dari sampul tersebut.

2. Tujuan Makalah / Proposal

2. Tujuan Makalah Proposal

https://www.madrasahistiqlal.sch.id

Dalam menyisipkan tujuan makalah, bisa kalian tempatkan dengan urutan kalimat sesudah kalimat judul atau lebih tepatnya dibawah kalimat judul yang kita kenal sebagai sub judul. Dan perlu kalian ingat, bahwa dalam menulis sub judul harus lebih kecil daripada huruf judul.

Huruf kecil dari sub judul tersebut berfungsi sebagai penjelasan dari sebuah tujuan makalah tersebut. Dengan begitu ukurannyapun akan dibedakan dua ukuran hurufnya dengan huruf judul makalah tersebut.

Seperti pada contoh yang sering digunakan ialah dengan ukuran 14 untuk judul tersebut. Sedangkan untuk sub judul memakai ukuran huruf 12. Hanya dibedakan dua ukuran dari huruf tersebut, yang menandakan perbedaan dengan masing-masing fungsinya.

Selain memudahkan untuk pembaca membaca, akan tetapi sebagai pembeda dimana keduanya memiliki peranan masing-masing dalam sebuah karya tulis ilmiah tersebut. Dan bisa dijadikan sebuah ciri dimana judul yang menggunakan ukuran huruf lebih besar dari sub judul dengan menekankan penjelasan yang terkait.

3. Logo atau Gambar Cover Makalah / Proposal

3. Logo atau Gambar Cover Makalah Proposal

http://remajasampit.blogspot.com

Dalam meletakan logo atau gambar yang akan dijadikan sebagai cover, harus rata kanan kiri atau tepat berada pada bagian tengah. Dan diuatnya lebih seimbang agar gambar tersebut dipastikan tepat pada bagian tengah-tengah cover makalah atau sampul.

Untuk ukuran logo sendiri, usahakan dengan ukuran yang sedang. Tidak terlalu kecil dan besar. Karena kita harus memperkirakan rata kanan kirinya agar tepar pada bagian tengah, sehingga terlihat rapih dan indah.

Cover adalah bagian awal yang pertama kali dilihat oleh semua orang. Maka harus menentukan warna seperti tekstur, dan kontras yang jelas agar terlihat tetap indah rapih serta menarik. Karena jika dalam menentukan warnanya terlalu gelap, maka terlihat tidak begitu menarik.

Jika dalam membuat makalah tersebut menjadi sebuah tugas sekolah atau kuliah, maka gunakanlah logo dari lembaga pendidikan kamu berasal. Kaena dengan memakai logo tersebut, akan mudah diketahui banyak orang darimana kalian berasal.

Itu menjadi sebuah ciri atau identitas dari lembaga pendidikan yang memberi tugas kepada kalian semua. Dan menjadi sebuah tanda pengenal dalam membaca malah dari penulis yang dibaca oleh pembaca.

4. Data Nama Penulis dan Penyusun Makalah

4. Data Nama Penulis dan Penyusun Makalah

https://www.winpure.com

Di dalam makalah, terdapat sebuah informasi yang berupa isi dengan berbagai maksud dan tujuan yang akan ditulis oleh penulis. Dan jika dalam menyusun makalah tersebut dikerjakan, maka perlu dicantumkan nama-nama para penulis tersebut.

Dalam menulis nama-nama dari para penulis tersebut, harus diletakan pada bagian bawah logo yang di jadikan gambar pada cover makalah tersebut. Selain itu perlu adanya identitas atau keterangan lainnya seperti ketua kelompok dan nomer NIK siswa yang diberi tanda kurung.

Nama yang dicantumkan menjadi sebuah keterangan dimana soranga penulis dan pembentuk diperlukan identitasnya dan selain itu berfungsi sebagai bukti dari  karya ilmiahnya ialah bukan hasil dari copy paste, melainkan hasil dari kajian yang selama ini dijadikan sebuah bahan untuk penelitiannya.

5. Cantumkan Nama Fakultas dan Jurusan Pada Covernya

5. Cantumkan Nama Fakultas dan Jurusan Pada Covernya

http://www.wikiwand.com

Selain logo sebagai tanda pengenal, perlu juga dengan mencantumkan nama fakultas tempat dimana anda kuliah, karena sebagai tanda pengenal bagi semua orang yang melihat karya tulis ilmiah anda dan disertai dengan nama jurusan yang telah diambil.

Point diatas khusus bagi yang sedang berada di jenjang SMA ataupun mahasiswa. Karena dengan mencantumkan logo yang berisikan nama sekolah atau universitas, akan lebih dikenal oleh semua orang yang melihatnya.

Untuk menulis nama awal pada sekolah atau universitas harus diawali dengan huruf kapital. Dan selain itu harus menggunakan huruf kapital semua, dari awal sampai akhir, seperti dalam pengejaan judul pada cover makalah, yang menggunakan huruf besar dan di Bold.

Ketika akan menulis nama universitas atau judul pada cover makalah tersebut, harus diperhatikan jenis huruf dan ukurannya. Karena biasa dalam pengejaan tersebut menggunakan jenis huruf Calibri, Times New Roman atau Arial, yang memakai font 16 pada judul cover.

Sementara pada jenis hurufpun masih disamakan untuk penulisan nama universitas dan jurusan. Akan tetapi menggunakan font yang lebih kecil dari judul cover makalah tersebut, yaitu dengan ukuran font 12.

6. Tanggal Pembuatan Makalah

6. Tanggal Pembuatan Makalah

http://suryamalang.tribunnews.com

Seringkali para penulis lupa mencantumkan tanggal peembuatan makalah tersebut dan alhasil mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dari guru ataupun dosen. Maka dari itu perlu diingatkan setiap kali akan finish, harus menulis tanggal pembuatannya.

Dalam hal ini sangat berpngaruh ketika akan mengumpulkan tugas makalah tersebut, karena jika tidak diberi keterangan tahun, maka akan susah mengetahui tanggal dan tahun pembuatannya.

Maka dari itu, dengan adanya artikel ini bermaksud memberi informasi dan mengingatkan agar lebih teliti lagi dalam penulisan kata, nama, institusi beserta jenis hurufnya harus disesuaikan dan fontnya memiliki ukuran yang sudah disesuaikan.

Dalam menulis ejaan pada cover makalah harus benar-benar teliti, jangan sampai salah dengan ukuran fontnya dan tidak boleh disamakan dengan contoh cover proposal. Proposal bisa ditulis secara bebas yang hanya mengandalkan design cover seindah mungkin agar terlihat menarik.

Ya, memang mengandalkan cover yang di design sesindah mungkin agar calon donator tertarik dan ingin membacanya, Maka dari itu perlu diperhatikan perbedaan penulisan cover makalah dengan cover proposal yang jelas berbeda dalam penulisannya.

Karena proposal dibuat hanya untuk mencari sumbangan dana pada semua orang. Oleh sebab itu jelas perbedaannya dengan contoh cover makalah, yang benar-benar harus disesuaikan dalam penulisannya.

Terlepas dari contoh cover proposal yang hanya mengandalkan keindahan covernya saja, tujuannya tersebut ialah mencari donator dengan berisikan rincian-rincian anggaran yang dibutuhkan oleh para pembuat proposal tersebut.

Demikian artikel ini saya buat dengan sebaik-baiknya, semoga tidak ada kesalahan dalam pembahasan dan penulisannya. Namun jika ada kesalahan dalam menulis, mohon untuk di maafkan, karena pembuatan artikel ini semata-mata untuk berbagi informasi kepada yang sedang membutuhkan atau kebingungan dalam membuat cover makalah ataupun makalah.

Jika ada kesalahan dalam penulisan nama tokoh, tempat dan pembahasan, agar sekiranya bisa dimaklumi. Namun apabila ada yang berkenan untuk menambahkan kekurangan dari artikel ini, saya akan sangat berterima kasih, karena sudah meluangkan waktunya untuk memberi tambahan ilmu untuk penulis.

Maka dari itu saran dan kritiknya sangat diharapkan agar penulis bisa diingatkan dan mengetahui letak kesalahan dan kekurangannya. Dan sekali lagi maaf yang sebesar-besarnya jika artikel ini masih jauh dari kata sempurna.

Leave a Reply